Berdasarkan hasil penelitian lapangan yang telah di lakukan di kelas 1PA01,terdapa sekitar 40% mahasiswa yang konsentrasi belajarnya baik hingga pelajaran berakhir.Sedangkan 60% lainnya konsentrasi belajarnya terpecah.Hal ini kemungkinan disebabkan karena ketidakpahaman atas mata kuliah yang di ajarkan.Mahasiswa merasa bosan karena mata kulia tersebut tidak disenanginya,atau karena terlalu lama duduk dan berada di ruang kelas yang menyebabkan ketidaknyamanan mereka berada di dalam kelas.Kemudian untuk mengalihkan kejenuhan mereka saling mengobrol satu sama lain,melakukan hal-hal yang dapat menghibur dan memberi kesenangan tersendiri pada diri mereka.Misalnya menggambar atau mencoret-coret buku.Walter Pauk,seorang penulis dalam kutipannya mengatakan ” kekuatan semata-mata tidak mencukupi untuk membuat mahasiswa sanggup berkonsentrasi”
Rabu, 05 Mei 2010
Konsentrasi dalam Belajar (Penelitian Lapangan)
Berdasarkan hasil penelitian lapangan yang telah di lakukan di kelas 1PA01,terdapa sekitar 40% mahasiswa yang konsentrasi belajarnya baik hingga pelajaran berakhir.Sedangkan 60% lainnya konsentrasi belajarnya terpecah.Hal ini kemungkinan disebabkan karena ketidakpahaman atas mata kuliah yang di ajarkan.Mahasiswa merasa bosan karena mata kulia tersebut tidak disenanginya,atau karena terlalu lama duduk dan berada di ruang kelas yang menyebabkan ketidaknyamanan mereka berada di dalam kelas.Kemudian untuk mengalihkan kejenuhan mereka saling mengobrol satu sama lain,melakukan hal-hal yang dapat menghibur dan memberi kesenangan tersendiri pada diri mereka.Misalnya menggambar atau mencoret-coret buku.Walter Pauk,seorang penulis dalam kutipannya mengatakan ” kekuatan semata-mata tidak mencukupi untuk membuat mahasiswa sanggup berkonsentrasi”
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar